Google mengungkap dua produk eksperimen terbarunya di bidang pencarian internet. Inovasi tersebut, yakni Similar Image dan Timeline diharapkan bakal mengubah cara penggunanya dalam mencari gambar dan berita di internet.
Dikutip dari BBC, Rabu (22/4/2009), fitur 'Similar Image' memanfaatkan gambar dan bukannya teks untuk mencari gambar lain yang berhubungan di internet. Sementara Timeline mampu menghadirkan informasi yang tersedia di Google News secara kronologis dan terorganisir.
Diklaim, Similar Images nantinya memungkinkan user mencari gambar yang diinginkannya dengan lebih mudah. Misalnya ketika mengetik kata Paris di Google Image, akan muncul Paris Hilton, menara Eiffel atau bangunan gereja.
Nah, jika pengguna mengklik salah satu gambar tersebut yang paling cocok dengan apa yang dicarinya, gambar-gambar lain yang terkait akan bermunculan.
Sementara dengan Google News Timeline, user yang mencari berita bakal mendapat informasi sejarah artikel, foto dan video terkait berdasarkan tanggal kemunculannya. Dua fitur baru tersebut saat ini terus digodog di Google Labs.
Di samping dua inovasi itu, juga dibuat versi baru Google Labs di mana user bisa mendapat preview apa yang dikerjakan insinyur Google di sana. Sebagai pemimpin bisnis pencarian internet, jelas penambahan berbagai fitur tersebut ditujukan untuk memperkuat dominasi Google atas rivalnya.