Mengapa 70 Kosmetik Itu Berbahaya?

Bukan tanpa alasan Badan Pengawas Obat dan Makanan menarik 70 kosmetik berbahaya.

Berbagai risiko dan efek yang tidak diinginkan dari penggunaan bahan berbahaya ini antara lain, merkuri (Hg) termasuk logam berat berbahaya yang dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun. Pemakaian merkuri dapat menimbulkan perubahan kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan saraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin, bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal, serta merupakan zat karsinogenik yang menyebabkan kanker.

Hidrokinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, bercak-bercak hitam.

Asam Retinoat/Tretinoin/Retinoic Acid dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar dan teratogenik (c acat pada janin). Bahan pewarna Merah K.3 (Cl 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (Cl 12075) merupakan zat warna sintetis yang umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta. Zat warna ini merupakan zat karsinogenik penyebab kan ker. Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.(kompas)

Comments :

0 comments to “Mengapa 70 Kosmetik Itu Berbahaya?”

Post a Comment

Artikel Terkait

 
Blogger Indonesia
eXTReMe Tracker

Followers